Chapter XIII of Serat Niti Sastra; Ancient Wisdom for Modern Leaders; “Niti Sastra”

Chapter XIII

Semangat patriotisme merupakan syarat mutlak bagi kemajuan kita semua.

  1. Tanpa pengetahuan tentang adat dan budaya setempat, janganlah engkau menghadiri rapat dan pertemuan para bijak. Kau takkan memperoleh sesuatu karena ketakmampuan dirimu. Di tengah mereka, kehadiranmu persis seperti sebuah tugu, berdiri tegak lurus, namun membisu. Atau seperti seorang pemburu yang ingin menangkapo seekor gajah liar di tengah hutan, dengan bekal tali sebesar gagang tunjung. Tanpa persiapan dirimu menjadi bahan tertawaan.
  2. Banyak bahaya yang harus di hadapi di dunia. Banteng bertanduk panjang, runcing dan dalam keadaan mengamuk sangat berbahaya. Begitu juga dengan orang yang membawa senjata. Seorang petinggi atau keluarganya yang suka berkelahi; sungai yang deras arusnya dan banyak pusarannya; dan seorang wanita yang suka menggoda. Waspada! Semua itu sungguh sangat berbahaya.
  3. Mengabdi kepada seorang petinggi memang sungguh sangat berbahaya. Persis seperti menjilat matakeris, atau mencium ular berbisa. Seperti berlayar di laut gelombang besar, atau memelihara seekor singa buas.
  4. Daerah yang jarang dikunjungi orang, tak ada pula sanak saudara, sahabat dan para suci di sana, hendaknya tidak di jadikan tempat tinggal. Tempat-tempat seperti itu hanaylah membawa malapetaka.
  5. Janagan pernah terlepaskan olehmu pegawai jujur yang taat padamu. Perhatikan pula para anggota keluarga dan para sahabat yang setia. Saat kau jatuh miskin dan tak berdaya, bila pendampingmu tetap setia, maka hargai pula segala pengorbanannya. Pendamping seperti itu sungguh langka.
  6. Seorang lelaki bijak tidak memerhatikan kecantikan jasmani seorang perempuan. Perilaku yang baik dan latar belakang keluarga, keua hal itu menjadi pertimbangannya. Mereka yang tidak bijak, memrhatikan kecantikan jasmani. Mereka hanya membutuhkan perempuan yang dapat memenuhi kebutuhan birahi. Alangkah beruntungnya kau jika bertemu dengna wanita yang cantik, dari keluarga baik, dan berperilaku baik pula.
  7. Karena berada di tempat yang jelek, sesuatu yang baik tidak ikut menjadi jelek. Begitupula dengan seorang perempuan baik; ataupun ajaran-ajaran baik. Walaupun disampaikan oleh mereka yang kau anggap kurang baik.
  8. Wanita utama tiada serakah pria, makanan hanya seperdua saja. Namun kehalusan budinya empat kali lipat pria. Lemah lebut, kekuatan ototnya hanyalah seperenam kekuatan pria. Namun delapan kali lipat semangatnya, termasuk dalam hal bersenggama.
  9. Pangkal kesulitan terbesar bagi manusia tersembunyi dalam dirinya jua. Hawa nafsu dan keserakahan menyebabkan dia sulit mewujudkan cita-citanya. Karena hawa nafsu dan keserakahan pula, terlupakan olehnya ajaran-ajaran luhur. Kemudian lenyaplah segala kebaikan. Manusia jatuh menjadi hewan.
  10. Orang serakah hanya memikirkan keuntungan diri saja. Ia sama sekali tak peduli, bila ulahnya membuat orang lain sengsara. Ia tak malu menikmati hasil perbuatan jahatnya. Hatinya tertutup rapat sudah bagi segala kesucian dan kebaikan. Tidak demikian dengan para suci. Berhati baik dan berpikiran jernih, mereka tidak bisa bergaul dengan para penjahat tanpa perasaan.
  11. Para pamimpin hendaknya memperhatikan apa saja yang ia makan dan minum. Meski diperlihatkan pula pergaulan an sifat pasangan hidupnya. Hendaknya ia tiak lupa bahwa harta benda yang membuatnya berkuasa harus dinikmati bersama dengan merekayang kurang beruntung dan para hina dan dina. Jangan sekali-kali lupa berbuat baik, karena segala kenikmatan saat ini, sekarang aalah perbuatan baik di masa lalu. Ingatlah selalu hukum karma yang tak terelakkan.

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: