Tips Psikotest PT Pertamina (Persero) – (4)

IV. Tes Kreatifitas
1. Wartegg Test
Biasanya Anda akan diminta menulis atau menggambarkan sesuatu. Pada salah satu tes anda diminta melanjutkan gambar dari 8 kotak yang sudah ada. Lanjutkan dengan ilustrasi yang baik semaksimal mungkin.Dimana masing-masing kotak memiliki tanda awal khusus. Di tes ini calon pegawai di minta untuk mengembangkan tanda di masing-masing kotak, menjadi sebuah gambar atau object. Pada tes ini juga kita diminta untuk menentukan gambar mana yang paling mudah, paling sulit, paling disukai, dan yang tidak disukai dari gambar yang dibuat. Misalnya objek jam, masjid, rumah, tiang listrik, papan catur, payung, tangga/grafik, bendera.

(Saya jadin Inget, pas di Ubaya buat seleksi Kompas Gramedia, saya gambar itu 8 kotak asal-asal an, walhasil gambarnya jadi sembarangan, 1 minggu kemudian, karena GBt-an saya juga mau tes di BNI, eh ternyata yang saya gambar salah, dan di buku itu tertulis begini  ” gambarlah titik atau bentuk yang berupa simetris dengan benda mati, sedangkan benda yang tidak simetris tentu tepat apabila di gambar dengan menggunakan benda hidup- bila yang terjadi sebaliknya maka terjadi kesalahan atau kelainan pada jiwa anda- sumpah pernyataan penulis buku psikotes itu menjadikan saya terperangah,… saya jadi nampak aneh… tapi gag papa, pengalaman tentu mengajarkan banyak hal nantinya kepada saya)

2. Tes menggambar orang
Satu lagi tes final biasanya Anda diminta menggambar orang (manusia). Pada tes menggambar orang. Gambarlah orang secara utuh. Dalam artian disini adalah lengkap semua organ tubuh (seluruh panca indra, termasuk jari-jari tangan lengkap 10jari, dsb ). Gambarlah orang yang sedang melakukan aktifitas. Misalnya, orang yang sedang berangkat kerja dll. Saya sarankan gambarlah diri Anda sendiri yang sedang aktif bertindak misalnya gambar diri anda yang sedang melangkah pergi untuk bekerja (langkah kaki kanan berada di depan). Sebagai tambahan gambarlah lambang ataupun tuliskan motto/visi dari PT. Pertamina (Persero) di bagian atas saku baju kemeja yang anda gambarkan. Taukan lambangnya Pertamina, tu lho gambar seperti panah yang berwarna biru, merah dan hijau trus ada tulisan Pertamina nya. Dan ingat gambar harus dengan tangan kanan yang sedang menyapa dan chisssss…smile please,,,he..(ini masukan guys..,kamu bisa improve yang lainnya juga) tapi gambarannya seperti itulah, Ok?!! Soalnya kata psikolog, orang yang seperti itu termasuk dinamis dan kreatif lho… Itu pendapat psikolog bukan saya he,,,tapi emang benar disarankan guys!!

(wah, saya malah lebih bego lagi pas tes KGR bulan April lalu, saya gambar astronot terbang di luar angkasa, gag ada hubungannya banget sama publishing company- harusnya saya gambar orang yang kejepit tangannya di mesin pencetak newspaper. lain kali saya bakal gambar saya lagi berbicara di depan publik pake baju pertamina)
3. Pada tes menggambar pohon
Saran saya ”jangan gambar diri anda sedang berada di pohon, tu berbahaya..he..he.. Pisss man!! tetapi……gambarlah pohon mangga” sebagai salah satu contohnya, yang ini serius lho..kenapa? Karena pohon ini cukup memiliki persyaratan yang sesuai dengan kondisi yang diinginkan tim penguji psikotest (sudah terbukti khasiatnya.. he..) maksudnya sudah pernah saya konfirmasikan kembali sewaktu ujian telah selesai dilaksanakan kepada tim penguji psikotest dari LPTUI…dan ternyata yesss!! You are right..bro.

#Kita lanjutkan.., jadi…gambarlah pohon mangga yang daunnya rindang dan memiliki banyak ranting, dimana setiap rantingnya diusahakan mempunyai buah.
#Dan sebagai catatan jangan pernah menggambarkan ranting yang tidak memiliki daun dan buah (yang tidak produktif), usahakan ada arsiran pada batang utama dan jangan pernah menggambarkan akar pohon tsb, karena dalam kenyataanya kita juga kagak bisa liat akar pohon secara kasat mata, ya kan!!? Jadi,,ga usah digambar, klo perlu hanya arsiran bagian dasar (tanah) aja..Tu dah bagus lho..sesuai dengan standar nasional.

(wah saya lebih bego lagi, saya juga gambar mangga, tapi buahnya cuma satu, ranting kosong ga’ada daun, terus di kertasnya saya tulis…ini adalah buah mangga ajaib yang hanya bisa tumbuh 1 biji selama sepuluh tahun- kalo di pikir-pikir konyol juga saya, tapi tak apalah , pengalama…b..experiences…)

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: