Tips Psikotest PT Pertamina (Persero) – (5)

TEST DISKUSI KELOMPOK
#Dalam tes diskusi kelompok ini bisa terdiri dari 5-8 orang yang memakan waktu 90 menit untuk saling dengar pendapat untuk menetukan wacana-wacana yang telah Anda selesaikan sehari sebelumnya (dalam sesi tes kepribadian poin kedua di atas)
#Yang diutamakan dalam tes ini adalah bagaimana cara Anda bisa menaggapi & menginterpretasikan diri Anda terhadap suatu wacana.
#Tunjukan bahwa anda bisa bisa berdiplomasi kepada rekan satu kelompok anda, sehingga rekan kelompok Anda ikut serta dengan pendapat Anda, tetapi saran saya agar Anda jangan mendominasi permasalahan, tetapi berikanlah gambaran yang analogis yang bisa diterima rekan satu kelompok Anda.
#Anda harus menunjukkan empaty kepada setiap rekan yang berbicara, harus ada kontak mata.
#Berikan kesempatan kepada rekan yang lain untuk mengeluarkan pendapatan mereka masing-masing. Sekali lagi anda tidak perlu mendominasi anggap mereka adalah teman satu tim anda bukannya pesaing atau kompetitor bagi Anda. Itu akan membuat Anda lebih rileks dalam melakukan tes ini, dan terkadang bumbui sedikit lelucon agar.
#Terkadang dalam hal ini anda harus mengunakan win-win solutions, artinya Anda harus bermain dengan savety.

Saya harapkan tips ini berguna untuk Anda, dan menurut saya banyak juga perusahaan lainnya yang menggunakan psikotest dengan metode di atas. Tidak jauh beda. Saran saya selalulah tetap tenang dalam menghadapi ujian psikotest dan percaya pada diri sendiri bahwa anda mampu melewatinya.. Anda pasti bisa!! Pengalaman memang guru yang paling baik. Lakukan perbaikan-perbaikan secara continue baik terhadap diri Anda maupun terhadap kemampuan Anda, di setiap psikotes yang anda hadapi. Misalnya seperti : melatih diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya, membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum menghadapi psikotes (refreshment) dan mempersiapkan fisik sebaik-baiknya karena pada dasarnya psikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaan tegang dan tekanan. Karena dengan mekanisme tersebut, psikotes bukan merupakan momok yang harus Anda hindari, namun Anda akan lambat laun berteman dan akrab dengan psikotes.

(wah semoga berguna juga bagi saya, wah sampai di sini dulu tes psikotes pertamina EP, semoga tanggal 26 jam 7 pagi 2010 saya berhasil, mengingat saya pengen segera nemu institusi biar cita-cita saya sekolah lagi di UGM ato Prasetya Mulya ambil MM bisa kewujud..) amin

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: