Tips Psikotest PT. Pertamina (Persero) part 1

http://demanru.blogspot.com/2009/05/tips-psikotest-pt-pertamina-persero_8334.html

saya mau nge bahas soal tes pertamina; soalnya saya tanggal 26 ada tes di Surabaya untuk Pertamina EP.

sebagai pengangguran, tentu saya punya banyak waktu untuk menulis, kebetulan juga ada yang uda nulis tentang nih psikotes. jadi saya copy deh … saya gag membajak hak cipta, soalnya link originallnya udah tak put di atas.🙂

UJIAN PSIKOTEST
Apa yang sebaiknya dilakukan pada saat psikotest??
Salah satu cara lembaga atau perusahaan untuk menguji calon karyawannya adalah dengan mengajukan sejumlah tes psikologi dikenal dengan psikotest. Tes ini sangat menentukan masa depan calon karyawan dan secara teoritis untuk mengetahui potensi calon pegawai. Pada umumnya model psikotest di PT. Pertamina (Persero) ini relatif tidak berubah karena memang dibuat secara standar nasional. Tulisan ini masih akan berkembang, namun ada beberapa prinsip yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi psikotest di PT. Pertamina (Persero). Harap diingat bahwa konsentrasi yang cukup hanya di dapat dari istirahat yang cukup, oleh karena itu malam sebelum test tidurlah lebih awal. Pertama-tama tentu kita harus tahu jenis-jenis psikotest itu.

I. Tes IQ
Tes IQ ini memang dibuat standar agar bisa dilakukan setiap orang. Tes kecerdasan ini melibatkan serangkaian soal matematika dalam istilah tesnya verbal angka-angka merupakan bagian dari tes ini, tes verbal terdiri dari :

1. Tes Logika Aritmatika
Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa Anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut.
Tipsnya:
#Jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3 -4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.
#Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin Anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.
#Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur. Contoh: – 16 8 4 2 1 1/2 … … – 45 15 18 6 9 3 … …

2. Tes Logika Penalaran
Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan Anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut.
Tipsnya:
#Konsentrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama.

3. Analog Verbal Test
Tes ini terdiri soal-soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika Anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana Anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan.
Tipsnya:
#Apabila Anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, Anda bisa mem-bypass-nya dengan menghafal soal dan jawaban. Karena beberapa kali penulis menghadapi tes in, soal yang diberikan relatif sama. Contoh: – wanita : kebaya = pria : (a. sepatu b. baju c. topi d. jas) – kubus : pyramid = empat persegi : (a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga)
#Jika Anda senang dengan teka teki silang dan hitungan secara cepat maka Anda beruntung bisa lulus.
#Kerjakan soal-soal yang menurut Anda mudah terlebih dahulu, kemudian kerjakan soal yang lebih sulit, ini untuk mengoptimalisasi skor yang anda dapatkan. Jangan kerjakan soal dengan asal-asalan, ini biasanya terjadi pada saat waktu yang diberikan akan segera habis.
#Harap diingat “Banyaknya pertanyaan yang terjawab, bukan patokan bahwa test IQ Anda berhasil. Lebih baik jawaban soal Anda sedikit, tapi banyak yang benar. Daripada jawaban soal Anda banyak, tapi banyak juga jawaban yang salah“.

Dari hal tersebut pelaksana tes akan dapat menemukan, siapa yang mengerjakan dengan baik dan yang tidak. Dan satu hal, perbanyak latihan soal-soal psikotest agar jam terbang Anda cukup.


Tagged: ,

4 thoughts on “Tips Psikotest PT. Pertamina (Persero) part 1

  1. fandy June 26, 2011 at 7:47 pm Reply

    apa yang anda tulis terlalu simple dan terasa kosong. mungkin di tulisan- tulisan selanjutnya bisa diberi penjelasan yang lebih mendetail dan juga beberapa contoh

  2. Grand July 4, 2011 at 4:19 pm Reply

    Salam kenal. kebetulan saya punya link psikotest di http://tips2trik.wordpress.com/2010/01/19/contoh-ujian-psikotes-di-perusahaan/

  3. Anonymous December 13, 2013 at 6:56 pm Reply

    Gan yg pnya kumpulan soal2 psikotesny ane minta sih agan and agan wati

    • Svahmi January 3, 2014 at 2:37 am Reply

      kaga punya bro;u can search another blog related to soal-soalnya; i just share my test experiences

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: