DITANYA GAJI SAAT INTERVIEW

Uang Ato Profesionalisme tujuan lo?

Karena setelah di lihat dari scoring, tips yang paling banya di baca di blok Gua adalah soal cari kerja dan tips interview. Kini saatnya ilmu hitam yang gue miliki must be shared.
Tadi temen gua Tanya soal “lo bakal jawab apa, ketika interviewer bilang – Elu mau gaji berapa”. Men, ini sebenarnya kalau kata Tora Sudiro di film arisan itu “ABSURD”
Di komunitas ke HRD an, sebenarnya ini tRAP, bukan jebakan, tapi sedikit tipuan, yang tujuannya adalah mengecek, apakah ini orang yang mau ngelamar Cuma motivated by Uang atau Karir. Kalo kerjaannya selevel buruh ato admin sih wajar, tapi kalau bagi elo yang pengennya karir ato profesionalisme, maka gua akan berbagi informasi, especially for those yang baru lulus tao yang pengalaman kerjanya kurang dari 2 tahun dang a boleh masuk business school:
1. Setiap Industri (manufaktur, finance , consumer goods , or etc) itu punya standart sendiri dalam menetukan grading salary. Sudah ada “Caps” nya ato batas maksimum uang yang mereka keluarkan utnuk biaya belanja pegawai
Nah, dengan adanya fakta ini, tips gua untuk jawab pertanyaan semacam ini adalah, lu tinggal Tanya balik ke interviewer (bagi yang gag PD ya gag usah nurut ye) , “memang standart salary untuk orang seukuran saya berapa di company ini, dengan job value yang ditawarkan?”,
Kalau ente gag yakin interviewernya akan kasih tahu, lu salah. Sekarang udah jamannya buka-buka an soal salary. So jangan takut. Nah kalo kekecilen gimana bro?
Nah kalau kekecilan, lu lihat dulu ke yourself. Dengan edukasi elu, ama job yang ditawarkan matched ga? Kalo gag match dan lu perlu salary lebih tinggi, ya cari kerjaan lain. Tapi kalo kemampuan elu emang setara ama salary nya ya ambil aja. Cari kerjaan susah sekarang bro.
So keep hunting up. Find your passion. Kerjaan bukan Cuma buat untuk cari uang. Buat gue kerjaan adalah the way to be a professional. Kerjaan adalah salah satu wujud perjalanan gue untuk bisa sekolah di business school nomer 1 di Indonesia.
“WE’LL Struggle, We’ll fail, well be knocked down, but throughout, we’ll get better, & we’ll succeed at the end”
Temon

Tagged:

Leave a Reply

